Tutorial Adsense dasar kali ini yaitu berhubungan dengan istilah-istilah yang akan kita temui jika kita menjadi publisher adsense.Sebisa mungkin saya akan memberikan intisari dari istilah tersebut dengan cara yang sesederhana mungkin agar anda dapat mengerti:).
Google adsense adalah salah satu jenis program periklanan yang paling populer saat ini,walaupun ada jenis CPC yang lain seperti
Selain itu…masih banyak program periklanan berbasis CPC seperti adsense yaitu Adbrite,Bidvertiser,clixsor,chitika dan banyak lagi yang lainnya (saya gak hafal satu-persatu) yang menawarkan hal yang serupa seperti halnya
Setelah anda mendaftar google adsense dan diterima,sebaiknya anda mengenal terlebih dahulu mengenai adsense dan jenisnya agar anda tidak bingung setelah menjadi publisher:).Salah satu cara yaitu dengan mengenal istilah-istilah yang berkaitan erat dengan adsense…karena anda akan berhadapan dengan ini setiap harinya:)Inilah Istilah-Istilah Dalam Google Adsense yang sudah saya definisikan dengan sesingkat dan sesederhana mungkin:)
- Publisher : yaitu orang atau pemilik blog yang sudah diterima oleh google adsense,sehingga mereka sudah bisa memasang code script yang sudah diberikan oleh adsense.Dikatakan seorang publisher (pengiklan) apabila iklan (adsense) sudah ditaruh dan muncul dalam blog mereka:)
- Ad-Units : yaitu iklan adsense itu sendiri:),berbentuk teks,link maupun gambar.Dalam 1 halaman blog diperbolehkan memasang maksimal 3 ad unit.
- Link Units : Yaitu iklan adsense berbentuk link atau url saja.Sama halnya dengan ad-unit,maksimal link unit yang boleh dipasang yaitu 3 buah:)
- Adsense for content : yaitu iklan adsense yang dipasang pada suatu blog yang memiliki content (artikel).Iklan yang muncul akan berupa deskripsi singkat iklan dan juga linknya.Maksimal yang boleh dipasang juga 3.
Adsense for Search (AFS) : Jenis adsense berupa kotak pencarian.Publisher akan mendapat earning jika ada visitor yang melakukan pencarian melalui kotak iklan ini dan menge-klik iklan yang muncul melalui hasil pencarian:)- Adsense for Feed (AFF): Jenis adsense yang muncul melalui feed berlanggganan oleh subscriber,dalam hal ini visitor berlangganan artikel melalui feed melalui feedburner.
- Adsense for Domain (AFD) : yaitu domain yang diparkirkan di adsense.
- Page Impression : yaitu jumlah iklan yang muncul pada halaman blog kita yang sudah dipasang adsense.
- Refferals : yaitu jenis adsense yang bersifat CPA.Publisher mendapatkan bayaran jika berhasil menjualkan produk dari google…seperti adsense dan adword.
- Alternate Ads : yaitu iklan alternatif yang muncul jika google adsense tidak bisa memperkirakan isi dari konten blog/situs,atau bisa juga karena stock pengiklan sedang kosong.Ciri-cirinya yaitu iklan yang muncul bertuliskan Public Service Ads,dan apabila diklik tidak akan menghasilkan earning untuk publishernya:(.
- Channels : yaitu label untuk pengkategorian iklan,maksimal yang boleh dibuat yaitu 200 channels.
- CTR (
Click Through Rate ) : yaitu jumlah perbandingan antara jumlah klik dengan page impression dan dihitung dalam persen ( % ).Misalnya page impression 30 terjadi 1 klik,berarti CTR-nya 3,33% - CPC (
Cost Per Click ) : yaitu earning atau pendapatan yang diterima publisher apabila terjadi klik pada iklan. - eCPM ( estimate Cost Per Million) : yaitu perkiraan uang yang dikeluarkan oleh pengiklan setiap 1000 kali iklan mereka ditayangkan oleh publisher.Kita bisa juga menganalisa antara pendapatan yang diperoleh dengan page impression dari eCPM ini.Semakin besar nilai eCPM,maka semakin tinggi earning yang kita dapatkan:)
Link source: Tutorial Adsense...Mengenal Istilah-Istilah Dalam Google Adsense | www.GustiDana.Com http://www.gustidana.com/belajar-adsense-bagi-pemula/tutorial-adsense-mengenal-istilah-istilah-dalam-google-adsense#ixzz1AQQzLAoQ
Under Creative Commons License: Attribution
Tidak ada komentar:
Posting Komentar