Cari di sini

Rabu, 20 April 2011

Cisco IOS (Internetwork Operating System)


Cisco IOS (Internetwork Operating System) adalah nama sistem operasi yang digunakan pada perangkat router dan switch buatan Cisco. IOS merupakan sistem operasi multi-tasking yang menyediakan fungsi-fungsi routing, switching, internetworking, dan telekomunikasi. Cisco IOS menyediakan command line interface (CLI) dan sekumpulan perintah standar.

Perangkat router original (awal) yang diproduksi Cisco masih belum memiliki CLI. Jadi, program atau file konfigurasi harus dipersiapkan terlebih dahulu di komputer dan kemudian ditransfer ke perangkat Cisco via TFTP (Trivial File Transfer Protocol).

Kurt Lougheed, salah seorang pendiri Cisco Systems, melakukan riset untuk meningkatkan kemampuan perangkat Cisco. Hasilnya adalah CLI generasi pertama yang digunakan pada router Cisco. Saat itu, fitur-fitur yang disediakan masih terbatas dan semua perintah harus diketikkan terlebih dahulu sebelum diproses.

Setelah menekan tombol [Ctrl Z], barulah perintah-perintah yang sudah diketikkan dapat diproses. Jika terjadi error, maka semua perintah harus diketikkan kembali dari awal. Hm… Cukup merepotkan!

Diawal tahun 1990, Greg Satz dan Terry ditugaskan untuk menyempurnakan CLI. Setelah lebih dari 18 bulan, mengalami penggantian tim dan penyempurnaan di sana-sini, maka keluarlah CLI terbaru yang diberi nomor versi 9.21. Inilah Cisco CLI yang menjadi cikal-bakal kemunculan Cisco IOS.

Sebagian besar pengguna komputer, khususnya pengguna sistem operasi grafis (Windows, Macintosh, dan sejenisnya) mungkin akan mengalami kesulitan saat pertama kali menggunakan CLI. Cisco CLI terkesan primitif dan agak berbeli-belit. Hal ini akan sangat dirasakan oleh mereka yang biasa “dimanjakan” fasilitas grafis.

Pengguna Linux/Unix mungkin akan lebih mudah beradaptasi karena ada kemiripan konsep antara Cisco IOS CLI dengan perintah-perintah Linux/Unix OS. Malah banyak pengguna Linux/Unix yang menganggap Cisco CLI lebih sederhana dan lebih mudah digunakan dibandingkan dengan Linux CLI.

Sekian… Wassalam…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar